Polresta Sidoarjo Raih Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik, SKCK Online dan Keliling Online Diakui


Sidoarjo - MitraBhayangkara.my.id - Polresta Sidoarjo meraih penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Kelompok Keberlanjutan Tahun 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). Penghargaan tersebut diberikan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas kepada Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing, pada Selasa (8/10/2024) dalam Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024, di Jakarta.

 

Layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo telah melalui proses panjang pengembangan dan penilaian. Layanan ini merupakan hasil inovasi yang berawal dari Top Inovasi KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) dari 2014 hingga 2023, serta inovasi hasil replikasi dari Top Inovasi KIPP.

 


Polresta Sidoarjo terus melakukan berbagai terobosan pengembangan bentuk pelayanan, hingga secara terbuka masyarakat dipersilahkan menilai melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), yang dikaji setiap minggu serta segala masukan maupun keterlibatan dari stakeholder terkait.

 

Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing menjelaskan, setelah melalui tahap desk evaluasi, presentasi, dan wawancara terhadap layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo, dilakukan tahap verifikasi dan observasi lapangan yang dilakukan Tim Penilai Independen dari Kementerian PANRB.

 

"Atas kepercayaan dan hasil penilaian yang telah diberikan Kementerian PANRB kepada Polresta Sidoarjo pada layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online tentu semakin terpacu untuk terus berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan perbaikan pelayanan masyarakat," jelasnya.

 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, Kementerian PANRB, tim penilai independen, berkat peran serta, bimbingan, kritik saran dari pimpinan, anggota dan masyarakat. Sehingga Polresta Sidoarjo dapat terus berinovasi dan berprestasi.

 

Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024, bertajuk “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif dan Inklusif" oleh Kementerian PANRB, bertujuan mengukur keberhasilan Reformasi Birokrasi Berdampak,  pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, inovasi pelayanan publik, pelayanan publik ramah kelompok rentan, serta pendampingan penyelenggaraan MPP, MPP Digital, dan Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP).

 

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas berharap Gebyar Pelayanan Prima 2024, dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik. Serta ia menekankan kembali Pilar Layanan Publik yang Unggul.

 

"Melalui Gebyar Pelayanan Prima harapannya dapat mewujudkan reformasi birokrasi berdampak pada orientasi publik, SDM Unggul dan penuh inovasi didukung teknologi digital," kata Azwar Anas.

 

(Redho Fitriyadi)

Post a Comment

Selamat Datang

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1